Istilah efektif indikator
penilaiannya mengacu pada sejauh apa hasil yang dicapai dengan tujuan yang
telah direncanakan. Dalam konteks sekolah tujuan akhir adalah bagaimana
menghasilkan lulusan yang punya pengetahuan (kognitif), keterampilan
(psikomotorik), dan afektif (sikap).
Jadi dapat disimpulkan bahwa
sekolah efektif adalah sekolah yang mampu menghasilkan lulusan yang punya prestasi
di bidang penngetahuan (kognitif), keterampilan (psikomotorik), dan sikap
(afektif).
Secara umum ada 2 kriteria sekolah
efektif yaitu kriteria sekolah efektif yang didasarkan pada tingkat pengetahuan
yang diperoleh, dan kriteria sekolah efektif yang didasarkan pada hasil belajar
yang bersifat non pengetahuan.
Pada kriteria sekolah efektif yang
didasarkan pada tingkat pengetahuan yang diperoleh , dilakukan pengukuran
tingkat pengetahuan dengan cara melakukan tes baku dan memeriksa hasil tes
sumatif peserta didik.
Sedangkan pada kriteria sekolah
efektif yang didasarkan pada hasil belajar yang bersifat non pengetahuan,
dinilai berdasarkan aspek sikap/perilaku, angka putus sekolah, tingkat
kehadiran, tingkat efesiensi, dan sikap positif terhadap sekolah.
Karakteristik sekolah efektif
adalah aspek-aspek persekolahan yang memiliki kontribusi terhadap hasil belajar
siswa.
Adapun karakteristik sekolah
efektif meliputi iklim dan budaya sekolah, harapan yang tinggi untuk
berprestasi, pemantauan terhadap kemajuan siswa, kepemimpinan kepala sekolah,
keterlibatan orang tua dalam kegiatan sekolah, kebebasan, tanggung jawab, serta
keterlibatan siswa dalam kehidupan sekolah, ganjaran, insentif, tata tertib, disiplin,
dan pelaksanaan kurikulum.
Jika mengutip harap berikan link yang menuju ke artikel Kriteria dan karakteristik sekolah efekktif. ini. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas perhatiannya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar