Kepemimpinan pada dasarnya adalah suatu
proses menggerakkan, mempengaruhi, dan membimbing orang lainn dalam rangka mencapai
tujuan organisasi.
Sekolah merupakann salah satu
bentuk dari organisasi pendidikan dan kepala sekolah merupakan pemimpin dari organisasi
tersebut, jadi jika definisi kepemimpinan dituangkan pada konsep kepemimpinan kepala
sekolah maka dipahami bahwa kepemimpinan kepala sekolah adalah suatu proses
menggerakan, mempengaruhi, dan membimbing orang-orang yang berada dalam lingkup
sekolah dalam rangka mencapai tujuan dari sekolah tersebut.
Sebagai pemimpin sebuah organisasi,
kepala sekolah memiliki tugas dan tanggung jawab yang berat. Olehnya itu, jika
seorang kepala sekolah ingin sukses mengemban amanah ini, ia harus menerapkan
gaya kepemimpinan yang tepat.
Salah satu teori gaya kepemimpinan yang
dapat diterapkan oleh seorang kepala sekolah adalah teori sifat (trait theory)
yang memandang bahwa keefektifan kepemimpinan itu bertumpu pada sifat-sifat
atau karakter yang dimiliki seseorang seperti kecerdasan, harga diri, dan
lain-lain.
Teori lain adalah teori perilaku
(behavior theory) yang menekankan bahwa keefektifan kepemimpinan itu bertumpu
pada perilaku atau proses kepemimpinan yang ditunjukkan dalam organisasi yang
dipimpin, bukan bertumpu pada sifat atau ciri-ciri kepribadian seseorang.
Secara umum kepemimpinan dapat
dinilai berdasarkan 4 macam orientasi kepemimpinan yaitu task oriented
leadership (kepemimpinan yang beriorientasi tinggi pada tugas), relationship
oriented leadership (kepemimpinan yang berorientasi tinggi pada hubungan dengan
manusia), integrated oriented leadership (kepemimpinan yang berorientasi tinggi
pada tugas dan hubungan manusia), dan impoverished leadership (kepemimpinan
yang berorientasi rendah pada tugas dan hubungann dengan manusia).
Dalam memimpin sebuah sekolah,
kepala sekolah juga harus mengetahui dan menguasai strategi kepemimpinan
seperti strategi memberi perintah, strategi menegur, strategi menghargai,
strategi menerima saran, strategi memelihara identitas, strategi mengenalkan
anggota baru, dan strategi menciptakan disiplin kelompok.
Jika mengutip harap berikan link yang menuju ke artikel Manajemen dan strategi kepemimpinan kepala sekolah. ini. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas perhatiannya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar