Jumadi.
Inovasi mutu pelajaran keagamaan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di
MTs DDI Patobong. (Dibimbing oleh Abu Bakar Juddah dan Hermanto).
Pendidikan
keagamaan merupakan suatu kegiatan yang
bertujuan untuk menghasilkan orang beragama dan paham tentang agamanya, dengan
demikian dapat diarahkan kepada pertumbuhan moral dan karakter. Agar usaha
untuk mencapai efesiensi dan efektifitas proses pembelajaran keagamaan
yang ada
di madrasah dalam rangka mencapai tujuan Pendidikan Islam dapat terwujud, perlu adanya inovasi
mutu pelajaran keagamaan. Dengan melakukan inovasi terhadap mutu pelajaran
keagamaan diharapkan prestasi belajar para siswa dapat lebih ditingkatkan.
Dalam
penelitian ini, ada 3 hal yang menjadi objek kajian utama peneliti yaitu mutu
pelajaran keagamaan di MTs DDI Patobong, inovasi mutu pelajaran keagamaan di
MTs DDI Patobong dan prestasi belajar para siswa di MTs DDI Patobong.
Dalam
penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif. Untuk proses
pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, dokumentasi dan
interview. Sedangkan analisisnya, peneliti menggunakan teknik analisis
deskriptif kualitatif, yaitu dengan mendiskripsikan dan menginterpretasikan
data-data yang telah di dapat, sehingga menggambarkan realitas yang sesuai
dengan yang terjadi di lapangan
Dari
penelitian yang telah peneliti lakukan tersebut diperoleh kesimpulan sebagai
berikut : pertama, mutu pelajaran di MTs DDI Patobong termasuk baik, hal
tersebut berdasarkan pada latar belakang pendidikan para guru yang sesuai dengan apa yang mereka
ajarkan, siswa yang merespon baik
terhadap proses pembelajaran yang dilakukan oleh para guru, dan proses
pembelajaran yang menggunakan berbagai macam metode yang relefan dengan materi
yang diajarkan. Kedua,
inovasi
mutu pelajaran keagamaan di MTs DDI Patobong dilakukan secara bertahap yang
meliputi 3 hal yaitu metode pembelajaran, sarana pembelajaran serta penyajian
materi yang sesuai dengan kebutuhan dan
perkembangan dunia pendidikan di Indonesia. Ketiga, inovasi mutu
pelajaran keagamaan yang dilakukan di MTs DDI Patobong mampu meningkatkan prestasi belajar para siswa di
madrasah tersebut baik prestasi
dalam hal kognitif, prestasi belajar
dalam hal afektif, serta prestasi belajar dalam hal psikomotor .
Jika mengutip harap berikan link yang menuju ke artikel Skripsi – Inovasi Mutu Pelajaran Keagamaan Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di MTs DDI Patobong ini. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas perhatiannya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar