السلام عليكم ورحمةالله وبركاته!

Deal with the problem yourself and acknowledge existence of life, but do not let yourself be mastered. Let yourself aware of the situation of education in the form of patience, happiness, and understanding the meaning

Hadapilah masalah hidup dirimu dan akuilah keberadaannya, tetapi jangan biarkan dirimu dikuasainya. Biarkanlah dirimu menyadari adanya pendidikan situasi berupa kesabaran, kebahagiaan, dan pemahaman makna.

Selasa, 19 Juni 2012

Makalah. Asal usul/sejarah Ujung Tape Kelurahan Pallameang Kec. Mattiro Sompe Kab. Pinrang

BAB I
PENDAHULUAN
A.   Latar belakang masalah.
Pinrang merupakan salah satu daerah di indonesia yang memiliki daerah yang cukup luas, mulai dari daerah dataran tinggi sampai daerah dataran rendah, ada wilayah pegunungan dan ada wilayah pesisir pantai.
Selain itu, setiap daerah di Kabupaten Pinrang ini juga memiliki ciri khas tersendiri, baik dari logat berbicaranya, kebiasaannya, bahkan cerita mengenai asal usul dan sejarah pemberian namanya.
B.   Rumusan masalah.
Berdasarkan dari paparan singkat diatas, maka yang menjadi garis besar pembahasan makalah yang disusun oleh penulis ini adalah sebagai berikut :
1.      Bagaimana asal usul penamaan Ujung Tape?
2.      Bagaimana asal usul penamaan Kelurahan Pallameang?

BAB II
PEMBAHASAN
A.   Profil singkat tentang Ujung Tape Kelurahan Pallameang.
Wilayah Ujung Tape Kelurahan Pallameang merupakan salah satu wilayah pesisir pantai yang dimiliki oleh Kabupaten Pinrang.
Masyarakat di daerah ini pada umumnya berprofesi sebagai nelayan, petani tambak, dan pedagang yang pada umumnya memperjual belikan hasil-hasil laut atau tambak seperti udang, ikan, kepiting, dan lain-lain.
Sebagai wilayah pesisir pantai, pantai Ujung Tape Kelurahan Pallameang cukup terkenal dan cukup sering dikunjungi oleh masyarakat sekitar baik dari Kelurahan Pallameang maupun dari desa-desa sekitar Kelurahan Pallameang sendiri.
Pengunjung utama pantai Ujung Tape tersebut pada umumnya para kalangan muda yang ingin menghabiskan waktunya dengan kumpul-kumpul, saling bercanda, dan kegiatan-kegiatan lain.
B.   Asal usul Ujung Tape Kelurahan Pallameang.
Ujung Tape merupakan salah satu bagian dari Kelurahan Pallameang, dan Ujung Tape dan Pallameang memiliki cerita tersendiri mengenai asal usul dari pemberian namanya masing-masing.
1.      Asal usul Ujung Tape.
Sekilas jika menganalisa nama Ujung Tape ini akan terlintas dipikir kita “mungkin asal usul nama Ujung Tape ini karena didaerah tersebut banyak tape atau orang-orang didaerah tersebut suka makan tape”.
Analisa tersebut juga sedikit ada benarnya, karena sebenarnya asal usul dari penamaan Ujung Tape adalah karena dahulu pantai Ujung Tape merupakan salah satu tujuan wisata masyarakat dan disekitar pantai tersebut banyak terdapat pedagang-pedagang yang menjual tape. Itulah alasan mengapa daerah tersebut diberi nama Ujung Tape.
2.      Asal usul Kelurahan Pallameang.
Ada 2 versi  mengenai asal usul pemberian nama Pallameang, yang pada dasarnya 2 versi ini sebenarnya memiliki persamaan.
Versi pertama mengaatakan bahwa dahulu daerah Pallameang merupakan wilayah Langnga, ketika Pallameang memisahkan diri dari wilayah Langngan dan menjadi salah satu kelurahan defenitif maka untuk pemberian patok batas dari 2 wilayah tersebut masyarakat membuat pagar yang dalam bahasa bugis artinya palla dari batang ubi kayu yang didalam bahasa bugis artinya lame.
Jadi kata Pallameang berasal dari 2 suku kata bugis yaitu palla (pagar) dan lame (ubi kayu) yang kemudian digabung dan disempurnakan menjadi Pallameang.
Versi kedua intinya hampir sama dengan versi pertama yaitu berasal dari kata palla dan lame, hanya saja perbedaannya terletak pada ceritanya.
Cerita pada versi kedua mengatakan bahwa konon dahulu sebagian besar masyarakat Pallameang berkebun ubi karena pada waktu itu makanan pokok masyarakat bukan beras akan tetapi ubi dikarenakan pada waktu itu beras masih merupakan barang yang langka, dan untuk melindungi kebun ubinya dari serangan babi masyarakat membuat pagar yang terbuat dari batang ubi kayu.
Karena daerah itu belum memiliki nama, oleh salah satu tokoh masyarakat tekemuka didaerah tersebut yang bernama Pattah Hajji memberikan nama daerah tersebut Pallameang.

BAB III
PENUTUP
A.   Kesimpulan.
Berdasarkan dari paparan singkat makalah penulis ini maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :
1.      Asal usul penamaan Ujung Tape adalah karena dulu banyak pedagang-pedagang yang menjual tape disekitar wilayah pesisir pantai Pallameang.
2.      Ada 2 versi cerita mengenai asal usul penamaan Pallameang, akan tetapi pada intinya kata Pallameang berasal dari 2 suku kata bugis yaitu palla yang berarti pagar dan kata lame yang artinya ubi kayu yang kemudian digabung dan disempurnakan menjadi Pallameang.
B.     Saran/Harapan.
Penulis memohon maaf yang sebesar-besarnya jika didalam makalah penulis ini ditemukan banyak kesalahan ataupun kekurangan baik dari segi penulisan maupun dari segi lainnya, serta mudah-mudahan makalah dapat bermanfaat terutama bagi penulis sendiri.
Minallahi musta’an wa ilaihi tiklan.
Wassalamu Alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatu

DAFTAR PUSTAKA
Mappatongang Hamid Abdul, 2011, Pallameang.
Baca artikel menarik lainnya :
Judul : Makalah. Asal usul/sejarah Ujung Tape Kelurahan Pallameang Kec. Mattiro Sompe Kab. Pinrang; Ditulis oleh Syarif; Rating: 5 dari 5
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Jika mengutip harap berikan link yang menuju ke artikel Makalah. Asal usul/sejarah Ujung Tape Kelurahan Pallameang Kec. Mattiro Sompe Kab. Pinrang ini. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas perhatiannya

8 komentar:

Belajar Blog dan SEO di trikmudahseo.blogspot.com - Support www.evafashionstore.com