السلام عليكم ورحمةالله وبركاته!

Deal with the problem yourself and acknowledge existence of life, but do not let yourself be mastered. Let yourself aware of the situation of education in the form of patience, happiness, and understanding the meaning

Hadapilah masalah hidup dirimu dan akuilah keberadaannya, tetapi jangan biarkan dirimu dikuasainya. Biarkanlah dirimu menyadari adanya pendidikan situasi berupa kesabaran, kebahagiaan, dan pemahaman makna.

Selasa, 19 Juni 2012

Makalah. Asal usul/sejarah Dusun Cengkong Desa Mattombong Kec. Mattiro Sompe Kab. Pinrang

Jika teman-teman berminat dengan tulisan ini, silahkan teman-teman mendownload tulisan ini secara gratis dengan mengklik link download yang disediakan pada akhir postingan ini.

BAB I
PENDAHULUAN
A.   Latar belakang masalah.
Pinrang adalah salah satu kabupaten yang berada di Sulawesi-selatan dan menjadi salah satu penghasil padi terbesar di Sulawesi-selatan.
Sama halnya dengan kabupaten-kabupaten lain yang ada di Republik Indondesia, Kabupaten Pinrang juga terdiri dari beberapa kecamatan, kelurahan, dan desa seperti Kec. Mattiro Bulu, Kec. Mattiro Sompe, Kec. Patampanua, Kec. Tiroang, Kel. Langnga, Desa Massulowalie, Desa Samaenre, Desa Patobong, dan lain-lain.
Pemberian nama terhadap setiap kecamatan, kelurahan, atau desa yang ada di Kabupaten Pinrang tersebut tentunya tidak sembarangan, akan tetapi pasti memiliki asal usul, alasan, maupun certia dibalik pemberian nama tersebut.



B.   Rumusan masalah.
Berdasarkan dari paparan singkat diatas, maka yang akan menjadi garis besar pembahasan makalah penulis adalah sebagai berikut :
1.      Bagaimana asal usul pemberian nama Mattombong kepada Desa Mattombong Kec. Mat. Sompe?
2.      Bagaimana asal usul penamaan Dusun Cengkong Desa Mattombong Kec. Mat. Sompe?


BAB II
ASAL USUL DUSUN CENGKONG DESA MATTOMBONG KEC. MAT. SOMPE KAB. PINRANG
Desa Mattombong adalah salah satu desa yang berada di Kecamatan Mattiro Sompe yang memiliki 3 dusun yang berada di bawah wilayah teritorialnya yaitu Beru, Lisse, dan Cengkong, Desa Mattombong ini juga merupakan salah satu desa yang memiliki sejarah pembentukan yang berliku-liku dan cukup sering mengalami perubahan.
Pada awal mulanya, nama Desa Mattombong bukanlah Mattombong, akan tetapi awalnya desa ini bernama Desa Tosulo yang awalnya masih terdiri dari 3 dusun.
Ketika desa in berada di bawah kepemimpinan La Mattoangnging desa ini barulah berganti nama menadi Desa Mattombong, kata Mattombong berasal dari kata bahasa bugis “Mattombong” yang artinya “Bertambah”, alasannya karena desa ini terus bertambah luas hingga menjadi 6 Dusun yaitu Cengkong, Lisse, Beru, Patobong, Katteong, dan Cappa Kala, akan tetapi karena adanya pemekaran wilayah 3 dusun berpisah dan membentuk wilayah sendiri seperti Patobong menjadi Desa Sipatuo, serta Katteong dan Cappa Kala dimekarkan menjadi Desa Samaenre, maka Desa Mattombong ini kembali terdiri dari 3 dusun.
Selain sejarah singkat Desa Mattombong, salah satu dusun di desa tersebut yaitu Cengkong juga memiliki certia dibalik pemberian nama Cengkong untuk wilayah tersebut.
Menurut beberapa sumber cerita dibalik pemberian nama Cengkong adalah dahulu masyarakat di wilayah tersebut ingin membuat jalan yang menuju ke Pinrang. Ketika dilakukan peneropongan untuk mencari arah yang benar menuju ke Pinrang, terjadi kesalahan dalam peneropongan tersebut, wilayah diteropong bukanlah Pinrang melainkan wilayah yang dituju adalah wilayah Cempa dan orang-orang pun berkata “Massengkongngi batae” yang artinya “Jalannya bengkok”. Dari peristiwa inilah wilayah Cengkong diberi nama Cengkong yang berasal dari kata sengkong yang artinya bengkok.


BAB III
PENUTUP
A.   Kesimpulan.
Berdasarkan dari uraian makalah yang sangat singkat ini maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :
1.      Kata Mattombong berasal dari kata yang sama yaitu “Mattombong” yang artinya bertambah karena dahulu wilayah desa ini pernah ditambah dari 3 dusun menjadi 6 dusun yang kemudian kembali lagi menjadi 3 dusun.
2.      Kata Cengkong berasal dari kata “Sengkong” yang artinya bengkok karena ketika diadakan peneropongan jalan menuju ke Pinrang terjadi kesalahan dan orang pun berkata “Massengkongngi Batae” yang artinya jalannya bengkok.
B.   Saran/Harapan.
Penulis memohon maaf yang sebesar-besarnya jika didalam makalah penulis ini ditemukan banyak kesalahan ataupun kekurangan baik dari segi penulisan maupun dari segi lainnya, serta mudah-mudahan makalah dapat bermanfaat terutama bagi penulis sendiri.
Minallahi musta’an wa ilaihi tiklan.
Wassalamu Alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatu


DAFTAR PUSTAKA
H. Paroki, 2011, Cengkong.
Salam persahabatan
Baca artikel menarik lainnya :
Judul : Makalah. Asal usul/sejarah Dusun Cengkong Desa Mattombong Kec. Mattiro Sompe Kab. Pinrang; Ditulis oleh Syarif; Rating: 5 dari 5
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Jika mengutip harap berikan link yang menuju ke artikel Makalah. Asal usul/sejarah Dusun Cengkong Desa Mattombong Kec. Mattiro Sompe Kab. Pinrang ini. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas perhatiannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Belajar Blog dan SEO di trikmudahseo.blogspot.com - Support www.evafashionstore.com