BAB I
Pendahuluan
A.
Latar
belakang masalah.
Al
Qur’an adalah firman Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui
perantaraan Malaikat Jibril yang diturunkan secara berangsur-angsur dan
membacanya adalah ibadah[1].
Sedangkan Hadist adalah segala sesuatu yang disandarkan kepada Nabi Muhammad
SAW baik dari perkataan, perbuatan, maupun persetujuan Nabi Muhammad SAW.
Al
Qur’an dan Hadist merupakan sumber hukum dan pedoman hidup utama ummat islam
sebagaimana yang dijelaskan dalam terjemahan sabda Rasulullah SAW :
“Sesungguhnya Aku tinggalkan kepada kalian 2 perkara, jika kalian
berpegang teguh pada kedua perkara ini niscaya kalian tidak akan sesat
selama-lamanya yaitu kitab Allah (Al Qur’an) dan sunnahku (Hadist Rasulullah)”.
Oleh
karena itulah, semestinya ummat islam harus mempelajari Al Qur’an dan Hadist
baik belajar membaca, melafadzkan, menulis, menerjemahkan, memahami, dan
mengamalkan ajaran yang ada dalam Al Qur’an dan Hadist.
B. Rumusan masalah.
Berdasarkan
uraian singkat diatas maka yang menjadi garis besar pembahasan makalah kami ini
adalah sebagai berikut :
1.
Bagaimana keterkaitan antara tujuan dengan
indikator pembelajaran mengamalkan Al Qur’an Hadist?
2.
Bagaimana cara agar desain dan evaluasi
pembelajaran mengamalkan Al Qur’an dan hadist bisa berhasil?
BAB II
Pembelajaran
mengamalkan Al Qur’an dan Hadist
A. Tujuan dan rumusan indikator
pembelajaran mengamalkan Al Qur’an dan Hadist.
Sebagaimana
telah diketahui bahwa Al Qur’an dan Hadist adalah sumber hukum dan pedoman
hidup utama ummat islam, maka semestinya ummat islam wajib mempelajari dan
mengkaji apa yang terkandung didalam Al Qur’an dan Hadist tersebut.
Selain
dipelajari dan dikaji, tentunya perlu ada pengamalan dari apa yang dipelajari
dan dikaji dari Al Qur’an dan Hadist tersebut, sebab ilmu yang tidak diamalkan
diibaratkan seperti pohon yang tidak berbuah. Oleh karena itu, seorang guru
selain menjadi pengajar juga harus bisa menjadi pembimbing, motivator, serta
teladan bagi murid-muridnya agar supaya apa yang diajarkannya dapat diamalkan
oleh murid-muridnya.
Tujuan
dan rumusan indikator adalah satu kesatuan dan merupakan sesuatu yang sangat
penting dalam hal proses pembelajaran, sebab indikator akan sulit dirumuskan
tujuan pembelajaran belum ditetapkan[2].
Begitu
pula halnya dengan pembelajaran mengamalkan Al Qur’an dan Hadist untuk
merumuskan indikatornya perlu ditetapkan terlebih dahulu apa tujuan dari
pembelajaran tersebut.
Banyak
hal yang menjadi objek pembahasan dalam pembelajaran Al Qur’an dan Hadist,
misalnya mengenai larangan berbuat syirik, berbuat baik keppada orang tua dan
larangan mendurhakainya, penanaman sikap jujur, dan lain-lain[3].
Berikut
satu contoh berkaitan dengan tujuan pembelajaran mengamalkan Al-Qur’an dan
Hadist dengan topik tentang perintah berbuat baik kepada orang tua :
1.
Siswa dapat mengetahui ayat dan hadist
tentang perintah berbuat baik kepada kedua orang tua.
2.
Siswa dapat memahami isi kandungan ayat
dan hadist tentang perintah berbuat baik kepada kedua orang tua.
3.
Siswa dapat menjalankan perintah berbuat
kepada kedua orang tua.
Dari ketiga tujuan
diatas maka dapat dirumuskan indikator pembelajarannya sebagai berikut :
1.
Membacakan ayat dan hadist tentang perintah
berbuat baik kepada kedua orang tua.
2.
Menjelaskan isi kandungan ayat-ayat dan
hadist tentang perintah berbuat baik kepada kedua orang tua.
3.
Memotivasi siswa untuk melaksanakan
perintah berbuat baik kepada kedua orang tua.
Selain
contoh diatas, tentunya, masih banyak contoh-contoh lain yang tentunya tidak
dapat kami paparkan satu persatu.
B. Desain dan evaluasi pembelajaran
mengamalkan Al Qur’an dan Hadist.
Dalam
mendesain peroses pembelajaran mengamalkan Al Qur’an dan Hadist yang tepat agar
proses pembelajaran tersebut bisa sukses dan berhasil, diperlukan keahlian,
kecerdasan, dan kekereatifitasan seorang guru dalam mendesainnya[4].
Sebab jika seorang guru salah dalam mendesain proses pembelajaran mengamalkan
Al Qur’an dan Hadist maka apa yang ia ajarkan hanya akan sia-sia karena tidak
ada implementasi dalam kehidupan sehari-hari.
Proses
pembelajaran mengamalkan Al Qur’an dan Hadist tentunya metode yang paling
dominan adalah metode praktek misalnya praktek berbuat baik kepada kedua orang
tua.
Selain
praktek keteladanan dari guru juga merupakan hal yang tidak kalah pentingnya
karena murid akan meneladani gurunya, jika guru bisa memberikan teladan dengan
mengamalkan apa yang ia ajarkan maka paling tidak murid akan mendapatkan
referensi dan contoh teladan. Begitu pula sebaliknya, jika gurunya sendiri
tidak mengamalkan apa yang ia ajarkan, maka jangan berharap murid akan
mengamalkan apayang diajarkan gurunya yang sering diistilahkan guru kencing
berdiri murid kencing berlari.
Selain
untuk dijadikan teladan, didalam islam seorang guru atau siapapun wajib
melaksanakan apa yang ia katakan karena murka Allah SWT amat besar terhadap
orang yang mengatakan sesuatu tapi tidak dilakukan, hal tersebut berdasarkan
firman didalam Al Qur’an Surah Ash Shaff ayat 2-3 :
$pkr'¯»t tûïÏ%©!$# (#qãZtB#uä zNÏ9 cqä9qà)s? $tB w tbqè=yèøÿs? ÇËÈ uã92 $ºFø)tB yYÏã «!$# br& (#qä9qà)s? $tB w cqè=yèøÿs? ÇÌÈ
·
Wahai
orang-orang yang beriman, kenapakah kamu mengatakan sesuatu yang tidak kamu
kerjakan?. Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa
yang tidak kamu kerjakan.[5]”(QS.
Ash Shaff : 2-3).
Setelah
desain selesai dan proses pembelajaran telah berjalan, maka hal selanjutnya
adalah evaluasi hasil pembelajaran untuk dapat mengetahui apakah proses
pembelajaran berhasil atau gagal.
Dalam
hal evaluasi hasil pembelajaran mengamalkan Al Qur’an dan Hadist, seorang guru
dapat menggunakan 2 metode yaitu metode tes misalnya ujian praktek, dan metode
nontes seperti observasi atau pengamatan[6].
Untuk
pembelajaran mengamalkan Al Qur’an Hadist sebaiknya metode nontes harus lebih
dominan daripada metode tes, sebab dengan menggunakan metode nontes seperti
observasi seorang guru dapat mengamati dan menilai perilaku dan tingkah laku
muridnya sehari-hari dan tidak hanya terbatas pada saat proses pembelajaran.
Akan
tetapi jika yang lebih dominan adalah metode tes seperti menguji dengan cara
praktek maka hasil evaluasipun akan kurang maksimal dikarenakan murid telah
bersiap-siap sedangkan persoalan apakah murid tersebut mengamalkan apa yang
diajarkan kepadanya diluar jam sekolah atau dalam kehidupan sehari-harinya akan
sulit dideteksi oleh gurunya, oleh karena itulah alasan mengapa metode nontes
sebaiknya lebih dominan digunakan daripada metode tes.
BAB
III
Penutup
A.
Kesimpulan.
Dari
uraian singkat makalah yang telah kami susun ini, maka dapat ditarik kesimpulan
sebagai berikut
1.
Tujuan dan indikator pembelajaran Al
Qru’an dan Hadist adalah sesuatu yang sangat penting dan memiliki keterkaitan
yang cukup erat, sebab indikator tidak berguna jika tujuan tidak ada dan tujuan
akan sulit dicapai bila indikator tidak ada.
2.
Untuk desain pembelajaran mengamalkan Al
Qur’an Hadist diperlukan keahlian, kecerdasan, kekereatiftasan, serta
keteladanan guru. Sedangkan untuk evaluasi sebaiknya metode nontes lebih
dominan daripada metode tes untuk mendeteksi apakah murid tersebut betul-betul
mengamalkan apa yang diajarkan kepadanya diamalkan dalam kehidupan
sehari-harinya.
B. Saran/Harapan.
Kami
sadar kami hanya manusia biasa yang tidak luput dari kesalahaan, kekeliruan,
dan kekhilafan, maka jika didalam makalah yang telah kami susun ini ditemukan
banyak kekurangan, kekeliruan, serta kesalahan kami dari kelompok IX memohon
maaf yang sebesar-besarnya serta mengharapkan bantuan, saran, dan kritiknya
demi perbaikan dan penyempurnaan makalah kami ini.
Minallahi musta’an wa ilaihi tiklan.
DAFTAR
PUSTAKA
Ibrahim
Anwar, 2010, Ruang lingkup pembelajaran
Al Qur’an Hadist,
Irawan
Arif, 2009,Al Qur’an dan Hadist tentang media pembelajaran,
Gumilang
Marwan, Media pembelajaran Al Qur’an
Hadist – jevuska,
Al Qur’an dan
terjemahnya, Surah Ash Shaff.
Jika mengutip harap berikan link yang menuju ke artikel Makalah. Pembelajaran Al Qur'an dan Hadist ini. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas perhatiannya
Fastidious answers in return of this query with genuine arguments and explaining everything concerning
BalasHapusthat.
Here is my homepage www.travelstockholm.co.uk
Just wish to say your article is as astounding.
BalasHapusThe clearness in your put up is simply great and that
i could assume you are knowledgeable on this subject.
Fine together with your permission let me to snatch your feed to stay updated with approaching post.
Thank you a million and please carry on the enjoyable work.
Feel free to surf to my webpage kliknij
Your means of telling the whole thing in
BalasHapusthis article is actually fastidious, every one be capable of simply
understand it, Thanks a lot.
my web page; kliknij
Oh my goodness! Incredible article dude! Thank you,
BalasHapusHowever I am going through difficulties with your RSS.
I don't know the reason why I cannot subscribe to it. Is there anybody else getting similar RSS issues? Anybody who knows the answer can you kindly respond? Thanx!!
Take a look at my blog: kliknij ()
chenlili20160325
BalasHapusralph lauren outlet
jordan concords
louis vuitton outlet
cheap jordans
michael kors outlet online sale
abercrombie clothing
coach factorty outlet online
louboutin shoes
hollister clothing
oakley sunglasses
michael kors handbags
asics shoes for men
louis vuitton outlet
coach outlet
coach outlet
fitflops
ray ban outlet
louis vuitton outlet
coach factory outlet
nfl jerseys
longchamp handbags
discount jordans
tory burch flats
coach factory outlet
hollister clearance
oakkey sunglasses
louis vuitton purses
michael kors outlet
timberlands
christian louboutin shoes
cheap uggs
the north face jackets
jordan retro 4
coach outlet store
gucci bags
louis vuitton outlet
adidas uk
michael kors outlet
fit flops
chenlina20160713
BalasHapusmichael kors canada
cheap oakley sunglasses
kate spade handbags
longchamp bags
oakley vault
lebron 11
adidas nmd
coach outlet
jordan retro
michael kors outlet
christian louboutin outlet
michael kors outlet
replica rolex watches
nike roshe runs
nike huarache
oakley outlet
michael kors outlet
tods outlet online
toms shoes
ray ban sunglasses
louis vuitton purses
ralph lauren outlet
jordan shoes
air max 90
louis vuitton outlet
coach outlet store online
michael kors handbags
christian louboutin shoes
jordan 8
louis vuitton
pandora jewelry
hollister clothing
ed hardy clothing
louis vuitton
ralph lauren outlet
toms wedges
jordan retro
adidas ultra boost
coach outlet store online clearances
gucci outlet
as